Cara Menghilangkan Minyak Di Wajah

Gpsve –┬áSetiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda beda dan salah satunya ialah kulit berminyak. Adanya minyak berlebih di wajah tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Apalagi minyak berlebih juga bisa menimbulkan masalah wajah lain seperti jerawat atau komedo. Lalu, bagaimana cara menghilangkan minyak di wajah yang baik? Berikut ulasan nya.

Cara Mengatasi Minyak Berlebih di Wajah

Minyak di wajah sebenarnya baik untuk menjaga kelembaban, namun jika berlebihan juga tidak baik karena bisa menyumbat pori pori. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab minyak di wajah seperti faktor genetik, stres, gangguan hormon dan lainnya. Lalu, bagaimana cara mengatasi minyak berlebih? Berikut ini ulasannya.

1. Mencuci Muka Dua Kali Sehari

Cara yang pertama ialah dengan mencuci muka dengan facial wash dua kali sehari. Kamu bisa mencuci wajah ketika pagi dan malam hari sebelum tidur. Sabun cuci muka yang digunakan usahakan yaitu sabun berbusa yang lebih efektif dalam menghilangkan minyak berlebih di wajah kamu.

2. Menggunakan Tomat

Kamu juga bisa menghilangkan minyak di wajah dengan menggunakan tomat sebagai masker. Tomat memiliki kandungan asam salisilat yang dapat menyerap minyak dan membersihkan pori pori. Caranya yaitu dengan mencampurkan isi tomat dengan sdt gula lalu oleskan ke wajah, diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat sampau bersih.

3. Menggunakan Pelembab

Meskipun wajah kamu berminyak, kamu tetap perlu menggunakan pelembab untuk mencegah kulit kering. Gunakan pelembab yang bukan berbahan dasar minyak agar pori pori wajah kamu tidak tersumbat. Jadi, meskipun wajah berminyak tetap gunakan pelembab secara rutin.

4. Menggunakan Face Paper

Selanjutnya adalah dengan menggunakan face paper atau kertas minyak. Saat kulitmu berminyak gunakan face paper ini pada area yang berminyak. Caranya yaitu dengan menempelkan kertas minyak pada wajah dan cukup tekan lembut serta jangan digosokkan ke wajah kamu karena bisa menyebarkan minyak.

Baca juga: Makanan penyebab asam urat

5. Tetap Menggunakan Sunscreen

Meskipun kulit berminyak kamu tetap perlu menggunakan sunscreen. Pilihlah sunscreen yang tidak mengandung minyak atau berbentuk krim untuk mencegah bertambahnya minyak di wajah. Gunakan sunscreen berbahan gel.

6. Pilih Produk yang Tepat

Selanjutnya adalah dengan memilih skincare mengurangi minyak di wajah yang tepat. Kamu juga harus memilih pembersih yang cocok dengan kulit berminyak yaitu dengan tekstur ringan dan bukan yang kasar. Kamu juga bisa mencari pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat yang memang dikhususkan untuk mengatasi kulit berminyak.

Batasi menggunakan scrub karena bisa membuat kulit lebih berminyak dan bisa membuat iritasi.

7. Memakai Toner/ Astringent

Selanjutnya jangan lupa memakai toner sebelum menggunakan krim wajah. Toner bisa membantu dalam mengurangi produksi minyak yang berlebih di wajah kamu. Atau kamu juga bisa menggunakan astringent yang memiliki fungsi hampir sama dengan toner yaitu produk untuk mengurangi minyak di wajah.

8. Menggunakan Madu

Terakhir yaitu dengan menggunakan masker madu. Madu memiliki kandungan antiseptik yang baik untuk kulit. Caranya yaitu dengan mengoleskan madu asli atau madu alami ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Itulah cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa kamu coba. Gunakan pembersih yang baik dan jagalah kebersihan wajah dengan membersihkannya dua kali sehari. Kamu juga bisa menggunakan masker alami untuk mengurangi produksi minyak berlebih.