Cara Menghilangkan Karang Gigi

Cara Menghilangkan Karang Gigi –┬áKarang gigi sering menjadi masalah karena mengganggu penampilan dan kesehatan gigi. Selain membuat warna gigi kuning, karang gigi juga bisa merusak gigi. Maka dari itu, perlu bagi Anda mengetahui cara menghilangkan karang gigi.

Ingin tahu apa saja cara membersihkan karang gigi? Yuk simak informasi dibawah ini!

Penyebab Karang Gigi

Karang gigi adalah plak yang telah mengeras dan umumnya terletak di di bagian luar gigi dan di sepanjang garis gusi. Karang gigi sering menjadikan warna gigi tampak kuning dan kusam.

Selain itu, apabila karang gigi dibiarkan terus menumpuk maka gigi Anda akan lebih cepat mengalami kerusakan.

Beberapa penyebab karang gigi yang perlu Anda hindari diantaranya:

  • Kebiasaan buruk mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula dan karbohidrat yang berlebihan.
  • Sering mengkonsumsi minuman ringan dengan pemanis.
  • Sering mengkonsumsi permen atau coklat.
  • Mempunyai kebiasaan merokok.
  • Bertambahnya usia
  • Menggunakan kawat gigi
  • Kondisi mulut yang kerap kering
  • Mempunyai gigi gingsul

Cara menghilangkan karang gigi

Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan di Daftar Sbobet Terpercaya.

1. Rajin menyikat Gigi

Dengan rutin menyikat gigi selama dua kali sehari Anda bisa menghilangkan karang gigi Anda. Selain itu, sikatlah gigi Anda selama dua menit pada satu kali menyikat gigi.

Gunakan sikat gigi yang lembut dan dapat menjangkau seluruh bagian gigi. Perlu Anda perhatikan, jangan hanya menyikat gigi bagian luar saja, sikatlah juga bagian dalam gigi sehingga tidak ada karang gigi yang tertinggal.

2. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride

Cara lain untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Fluoride sangat bermanfaat untuk membantu memperbaiki kerusakan email atau lapisan luar gigi.

Produk-produk yang memiliki zat triclosan yang dapat melawan bakteri dalam plak. Sehingga karang gigi Anda bisa dibersihkan.

3. Kumur setiap hari

Cara membersihkan karies gigi dapat Anda lakukan dengan berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Hal ini dapat membantu untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab terjadinya karang gigi.

4. Berkumur dengan minyak

Selain berkumur dengan cairan antiseptik, Anda bisa berkumur dengan bahan alami seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

Berkumur dengan minyak dinilai efektif membersihkan karang gigi, hal ini juga disebut dengan oil pulling. Oil pulling adalah terapi mulut tradisional yang berasal dari india untuk menghilangkan bakteri dari mulut dan meningkatkan kesehatan mulut.

Berkumur dengan minyak bisa dilakukan selama 10 menit sehari agar mendapatkan khasiatnya.

Minyak kelapa mengandung antioksidan, asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba dan anti inflamasi. Kedua minyak tersebut dapat mencegah kerusakan pada gigi dan membersihkan karang pada gigi.

5. Gunakan baking soda

Menyikat gigi menggunakan baking soda, dapat membantu menghilangkan karang gigi. Cara ini adalah cara alami dan juga efektif membersihkan gigi.

Baking soda dapat membersihkan karang gigi tanpa merusak enamel gigi. Selain itu, baking soda dapat melindungi gigi dari demineralisasi karena tingkat pH yang tinggi, menyeimbangkan tingkat pH pada mulut dan mencegah hilangnya enamel.

Baking soda juga mempunyai sifat antimikroba yang dapat mencegah kerusakan gigi akibat bakteri-bakteri jahat. Penelitian juga menunjukkan, pasta gigi yang mengandung baking soda lebih efektif mengurangi plak daripada pasta gigi biasa.

Nah, itu tadi cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selain melakukan cara tersebut, Anda juga perlu menghindari penyebab terjadinya karang gigi. Semoga informasi di atas bermanfaat!