4 Makanan Penyebab Asam Urat Yang Harus Dihindari

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Ketika kamu menderita penyakit asam urat gejalanya sangat sakit dan terjadi pembengkakan serta rasa panas pada setiap sendi tubuh kamu. Namun, sendi yang biasanya nyeri ada di jari tangan, jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. Penyakit ini rawan terjadi pada laki laki yang telah berusia 30 tahun ke atas.

Faktor penyebab yang bisa meningkatkan kadar asam urat tubuh seseorang ada banyak, seperti baru mengalami cedera, baru mengalami pembedahan, memiliki garis keturunan penderita asam urat, sering mengonsumsi alkohol, sering mengonsumsi minuman dan makanan yang banyak mengandung gula, mengonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi, sering mengonsumsi obat obatan, dan mengalami penyakit diabetes, ginjal, jantung, anemia, sleep apnea, obesitas, hipertensi, leukimia, tiroid, dan kolesterol.

Selain itu, untuk mengetahui apakah kamu menderita penyakit asam urat bisa diliat dari gejala atau ciri ciri yang terjadi. Ciri ciri seseorang memiliki penyakit asam urat adalah sendi sendi tubuh terasa nyeri, susah berjalan, kulit yang melapisi sendi menjadi gatal, panas, bengkak, memerah, dan terkelupas.

Jika kamu terkena penyakit asam urat kamu harus melakukan pengobatan, namun tenang, penyakit asam urat bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara seperti mengonsumsi air putih setiap hari, menghindari makanan yang mengandung zat purin tinggi, berhenti mengonsumsi alkohol, mengonsumsi buah yang mengandung antioksidan tinggi, mengurangi minum kopi, dan rajin berolahraga.

Nah, berikut rangkuman IDN Poker tentang makanan penyebab asam urat yang harus kamu hindari agar tidak semakin parah.

Makanan Penyebab Asam Urat

  1. Seafood

Segala macam makanan laut tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit asam urat. Karena di dalam makanan laut terdapat kandungan purin yang tinggi yang membuat asam urat semakin parah. Selain itu, kondisi laut yang semakin buruk juga menjadi tanda untuk lebih berhati hati lagi dalam mengonsumsi makanan laut, terutama ikan. Ikan yang tidak boleh dikonsumsi adalah ikan tuna, mackerel, teri, dan trout.

Contoh makanan laut lainnya yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat adalah kerang kerangan, telur ikan, dan kepiting.

  1. Daging Merah

Daging merah menjadi makanan pantangan untuk penderita asam urat karena mengandung purin yang tinggi. Walaupun mengandung protein yang tinggi juga, namun untuk mengonsumsi daging merah seperti daging babi, sapi, dan domba sebaiknya dikurangi dan lemaknya dibuang. Namun, lebih baik tidak mengonsumsi daging merah sama sekali dan menggantinya dengan daging ayam.

  1. Jeroan

Jeroan juga termasuk makanan penyebab penyakit asam urat yang harus dihindari. Selain mempunyai kandungan purin yang tinggi, jeroan juga bisa menyebabkan serangan gout yang akut, ini berbahaya bagi penderita asam urat yang sudah lama. Selain itu, jeroan juga dapat membuat tubuh menjadi pegal dan susah bergerak.

  1. Minuman Dalam Kemasan

Ada banyak jenis minuman dalam kemasan yang bisa memperparah penyakit asam urat, seperti minuman yang manis, mengandung alkohol, dan mengandung soda. Semua minuman tersebut memiliki kandungan fruktosa yang bisa mempercepat produksi asam urat pada tubuh. Untuk minuman yang mengandung soda dan alkohol ini lebih parah, karena minuman minuman tersebut mengandung purin yang tinggi, sehingga organ tubuh kesusahan dalam mengeluarkan asam urat di darah.

Itu dia makanan penyebab asam urat yang harus kamu hindari. Sebenarnya tidak susah untuk menjaga pola makan yang benar, ini balik lagi kepada diri kamu, sebaiknya makanan makanan dan minuman di atas tidak kamu konsumsi sama sekali.